Tuesday, August 16, 2011

Carport Solusi Terbatasnya Lahan

Meski lahan rumah anda terbatas dan tidak memiliki garasi, anda tentu tidak ingin apabila mobil kesayangan anda parkir ditempat  terbuka yang terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.  Cat mobil anda akan cepat rusak karena terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung dan terus menerus
Penambahan Carport bisa menjadi dalah satu pilihan bagi anda yang mempunyai rumah dengan keterbatasan lahan. Pembuatan Carport disamping atau didepan rumah selain fungsional, carport yang didesain menyerupai pergola dapat mempercantik rumah anda. Selain digunakan sebagai tempat mobil, Carport bisa juga dijadikan lahan untuk bermain anak ketika tidak digunakan untuk memparkirkan mobil anda.
Setelah anda mempunyai perencanaan Carport yang sesuai dengan desain rumah, anda perlu mempertimbangkan pemilihan material lantai dan penutup atap Carport.
Lantai carport bisa menggunakan bahan yang menyerap air, atau material yang kedap air seperti keramik bertekstur kasar, batu alam, koral sikat dan conblok.  Namun apabila nantinya carport juga digunakan untuk area bermain anak sebaiknya menggunakan material yang keras. Bisa dari beton atau keramik bertekstur kasar sehingga tidak licin apabila dalam kondisi basah. Hal ini dimaksudkan agar aman untuk bermain anak, dan saat memparkirkan mobil anda.
Untuk model penutup atap beragam jenisnya,  bisa transparan, tertutup atau yang bisa keduanya. Jika anda menginginkan pada siang hari tidak terlalu panas sebaiknya menggunakan bahan yang tebal dan mangkal panas matahari, karena mungkin saja anda akan mencuci dan memperbaiki mobil di Carport tersebut. Suatu saat Carport juga memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat pertemuan keluarga maka selain memilih material atap yang tebal, material lantai juga harus dipilih yang mudah untuk dibersihkan.
Aspek lain yang perlu diperhatikan perhatikan saat merancang konstruksi carport adalah bagaimana drainase dan kemiringan.Tujuannya agar carport anda tidak digenangi air, setelah anda mencuci mobil anda atau mungkin ketika anda menyiram tanaman kesayangan anda yang tepat di sebelah carport.

No comments:

Post a Comment